Ticker

6/recent/ticker-posts

Organisasi Pmii dan Kemajuan Teknologi (Kemajuan Teknologi di Bidang Informasi)


Oleh : Fadhila Nurul 'Izza

Di era revolusi industri sekarang semakin sering disebut juga sebagai Making Indonesia 4.0. Istilah ini sebenarnya mengandung makna positif dan dapat memicu perkembangan teknologi serta merevitalisasi industri nasional secara keseluruhan, baik dari keseluruhan pihak mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Seiring dengan perkembangan teknologi terutama perkembangan internet telah memberikan banyak dinamika baru dalam kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat teknologi mulai dari dunia pendidikan, dunia hiburan, sosial budaya sampai ke dunia bisnis dan jasa. teknologi berperan penting dalam membawa perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan manusia terutama didunia informasi, dalam arti kegiatan-kegiatan yang dilakukan telah menggunakan bantuan teknologi internet dan komputer terutama informasi karena teknologi juga merupakan sarana komunikasi.

Seperti yang kita ketahui bahwa di era serba modern seperti saat ini, peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri yang mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu.

Menghadapi keadaan seperti ini, kita sebagai mahasiswa dan menjadi anggota/ kader pmii, perlu diarahkan pada sikap “sadar teknologi” atau “melek teknologi”. Kemajuan yang sering diartikan sebagai modernisasi, menjanjikan kemampuan manusia untuk mengendalikan alam melalui ilmu pengetahuan, meningkatkan kesejahteraan material melalui teknologi dan meningkatkan efektivitas kemampuan mahasiswa melalui penerapan organisasi yang berdasarkan pertimbangan kesadaran. Karena dengan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi pula, manusia dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah dibayangkan.

Di satu sisi, teknologi memiliki keuntungan bagi orang yang menggunakannya. Misalkan saja dalam hal berbagi informasi, para mahasiswa harus memanfaat teknologi dalam rnagka pengaderan, penyampaian informasi, dan dapat mengakses informasi dunia dengan cepat dan mudah, sehingga mereka dapat menyadari bahwa dunia seakan berada di genggaman mereka.

Dengan kemajuan teknologi informasi, kader dan anggota omii dapat mempermudah dalam hal komunikasi, dan bahkan kader atau anggota PMII dapat mengambil peluang di dunia teknologi tersebut.

Di samping semua itu, kita tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa era teknologi informasi mendatangkan kejelekan dan malapetaka bagi kehidupan yang dijalani. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif perkembangan teknologi ini terhadap kehidupan umat manusia. 

Jika kalau kita melihat Indonesia ini yang beribu pulau, yang sulit di jangkau oleh masyarakat dalam mendapatkan informasi dengan kemajuan teknologi sekarang dengan mudahnya masyarakat Indonesia dapat mengakses informasi terkini terutama kader dan anggota PMII, tantangan yang sangat besar bagi negara ini di revolusi industry 4.0. 

Kemajuan teknologi yang begitu cepat sehingga dapat mempermudah informasi yang di lakukan dengan begitu singkat.

Dengan berkembangnya revolusi industri 4.0.ini dari berbagai tantangan dapat mempermudah kader dan angotta PMII dalam bidang informasinya nya di era teknologi sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar